Kamis, 10 Juli 2008

ALAT TIK

Peralatan TIK

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT Device), antara lain:

Komputer (Computer)

Komputer merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk mengolah data ataupun informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer ini diciptakan sebagai alat bantu manusia dalam melakukan pekerjaannya, di berbagai hal, seperti untuk penghitungan, untuk memproses suatu dokumen, hingga untuk melakukan hobinya (seperti main game misal).

Telephone and Handphone

Telepon (telephone) merupakan sebuah alat yang digunakan berkomunikasi jarak jauh. Berasal dari kata tele yang berarti jauh, dan phone yang berarti suara. Dengan menggunakan telepon, kita bisa bercakap-cakap dengan lawan bicara yang jaraknya hingga ribuan kilometer, asal masih terjangkau sinyal gelombang telepon saja. Sifatnya dua arah (full-duplex), sehingga sesama penerima dan pengirim (penelpon) dapat saling berbicara pada saat bersamaan.


Facsimile

Mesin fax merupakan sebuah alat komunikasi yang bisa digunakan untuk menerima data atau pesan tulisan yang berupa dokumen (tertulis di kertas), melalui saluran telepon. Mesin ini juga bisa digunakan untuk fungsi telepon seperti biasa. Mesin fax menyampaikan pesan dalam bentuk tertulis, yang merupakaan hasil salinan dokumen yang dikirimkan. Untuk dapat mengirim dan menerima fax, pengirim dan penerima harus sama-sama menggunakan mesin fax, berbeda jenis atau merek tidak menjadi masalah. Pesan tertulis yang dikirimkan bisa berupa tulisan maupun gambar. Tulisannya pun boleh tulisan tangan atau apa saja.

Television

Semua pasti sudah pernah melihat wujud alat komunikasi yang satu ini. Televisi merupakan sebuah alat komunikasi searah, yang dapat menampilkan gambar dan suara secara bersama. Televisi ini merupakan sebuah alat yang diyakini mampu mengubah dunia. Maksudnya, dampak teknologi televisi sangat besar bagi dunia. Misalnya kita bisa melihat dan mengetahui berita terkini dari belahan dunia amerika secara langsung, bisa mengetahui berita teknologi terbaru dengan mata kepala sendiri, dan sebagainya.

Handy talky

Handy talky ini biasa disebut secara singkat: HT. HT merupakan sebuah alat komunikasi yang bentuknya mirip dengan telepon genggam, tetapi sifatnya searah. Karena searah, maka si pengirim pesan dan si penerima tidak bisa berbicara pada saat yang bersamaan.
HT menggunakan gelombang radio frekuensi khusus, dan sering dipakai untuk komunikasi yang sifatnya sement
ara karena salurannya dapat diganti-ganti setiap saat.

Personal Digital Assitants (PDA)

Pernah melihat orang yang menggunakan alat kecil, sebesar kalkulator, yang dapat seperti ditulis-tulis menggunakan pena khusus? Kalau iya, mungkin yang kamu lihat adalah alat yang disebut PDA atau Personal Digital Assistants. PDA merupakan sebuah alat TIK, yang mempunyai fungsi seperti komputer mini. Bisa menyimpan data dan dokumen, melakukan penghitungan-penghitungan, mengatur jadwal, hingga memutar music bahkan video.

1 komentar:

silahkan berikan komentar atau jawaban di sini!